• " Fungsi Bahasa Indonesia"

                    Bahasa Indonesia memiliki fungsi dan kedudukan yang sangat penting di Republik Indonesia, di mana ia menjabat sebagai bahasa nasional resmi dan bertindak sebagai kekuatan pemersatu sebagai alat komunikasi yang umum di negara di mana ratusan bahasa hidup berdampingan.
    Hubungan ke Bahasa Melayu

                  Bahasa Indonesia secara teknis dialek dari bahasa Melayu, seorang anggota dari cabang Indonesia dari Austronesia, atau Melayu-Polinesia, rumpun bahasa. Bahasa Indonesia, juga dikenal sebagai Bahasa Indonesia, jejak akarnya kembali ke bahasa Melayu sastra yang digunakan oleh bangsawan di wilayah Riau-Jambi Sumatera.

                 Contoh-contoh awal dikenal dari bahasa Melayu yang ditemukan dalam prasasti Kedukan Bukit datang ke abad ke-7. Ditemukan pada sebuah batu kecil, prasasti itu ditemukan di awal 1900-an oleh Sungai Tatang.
    Indonesia dan Melayu: Hubungan Tutup

               Indonesia masih memiliki banyak kesamaan dengan dialek Melayu lainnya serta bahasa Melayu baku, bahasa resmi Malaysia. Perbedaan utama antara standar Indonesia dan Malaysia ada di pengucapan, kosakata, dan aksen. Perbedaan antara dua bahasa yang diyakini telah dikembangkan karena berbagai pengaruh, sebagai bahasa Belanda dan Jawa datang untuk mempengaruhi bahasa Indonesia dan Inggris untuk mempengaruhi Malaysia.

                 Namun, kedua bahasa mempertahankan hubungan dekat. Dalam rangka memfasilitasi komunikasi dan perdagangan antara Indonesia dan Malaysia, pada tahun 1972 pemerintah kedua negara menyepakati revisi ejaan standar bahasa yang akan digunakan di kedua negara. Hal ini memungkinkan untuk pertukaran bebas dari sastra Malaysia dan Indonesia dan komunikasi yang meningkat antara negara-negara.

3 komentar:

  1. Unknown mengatakan...

    CARA GAMPANG : Bahasa Indonesia memang harus tetap dijaga kelestariannya sebagai bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Salam persahabatan

  2. Indonesian for All mengatakan...

    Betul sekali, dan itulah tugas kita sebagai generasi penerus bangsa untuk senantiasa menjaga bahasa pemersatu bangsa Indonesia.

  3. Indonesian for All mengatakan...

    Betul sekali, dan itulah tugas kita sebagai generasi penerus bangsa untuk senantiasa menjaga bahasa pemersatu bangsa Indonesia.

Posting Komentar